Pilih Warna Kesukaan Anda

Pengenalan Jaringan Komputer



Jaringan komputer adalah sejumlah peripheral yang terdiri dari beberapa komputer, printer, LAN Card serta peralatan lainnya yang saling terintegrasi dengan satu sama lain. Dengan demikian, kita bisa saling tukar-menukar data atau informasi dengan mudah dalam waktu yang singkat.
Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari jaringan yaitu:
  1. Dapat berbagi data atau informasi antara sesama.
  2. Lebih menghemat biaya.
  3. Efisiensi kerja lebih meningkat.
  4. File-file dapat dipelihara dan diproteksi.
  5. Bisa memakai satu printer yang terhubung jaringan secara bersama-sama.
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). bagian yang meminta disebut client dan yang memberikan layanan disebut server. Arsitektur ini biasanya disebut dengan sistem client-server, dan digunakan hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Klasifikasi jaringan berdasarkan skala:
1. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah perusahaan dan jaraknya hanya bisa mencapai 1 kilometer persegi. Secara garis besar LAN terdapat dua tipe jaringan LAN yaitu jaringan peer to peer dan jaringan client - server. Peer to peer artinya setiap komputer yang terhubung ke dalam jaringan dapat bertindak sebagai komputer pengguna (Workstation) maupun komputer penyedia layanan (server). Sedangkan pada jaringan client - server hanya ada satu komputer yang bertindak sebagai server dan yang lainnya sebagai client. Beberapa model konfigurasi LAN, atu komputer biasanya dijadikan sebuah file server untuk menyimpan perangkat lunak (Software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer yang terhubung kedalam network. Biasanya kemampuan workstation dibawah file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam Harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN misalnya antara wilayah dalam satu proponsi. Dalam hal ini jaringan memghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kota besar di hubungkan satu dengan yang lainnya.

3. Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan dari berbagai LAN. Ruang lingkupnya tidak lagi terbatas pada suatu area geografis saja, tetapi dapat melintas batas kota bahkan negara. Sebagai media penghubung antara LAN yang satu dengan LAN yang lainnya dapat digunakan saluran telepon dan satelit.

4. Internet
Dari skala besarnya internet sebenarnya sama dengan WAN , tetapi WAN bersifat private, artinya hanya orang-orang tertentu yang dapat mengaksesnya, misalnya WAN yang dimiliki PTPN7, sebaiknya internet bersifat public sehingga semua orang dapat mengakses jaringan tersebut.


Responses

0 Respones to "Pengenalan Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Silahkan Berkomentar